PENGERTIAN KEBUDAYAAN DAN UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

Senin, 28 April 2014


Pengertian kebudayaan
Budaya adalah suatu cara hidup yang dikembangkan dan dimiliki oleh sekelompok masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi. budaya terbentuk dari beberapa unsur yaitu:
  1. Sistem Agama dan politik
  2.  Adat Istiadat
  3. Pakaian
  4. Perkakas
  5. Bahasa 
Budaya adalah suatu pola hidup yang menyeluruh. budaya juga bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Sebagai contoh bahasa adalah sebuah kebudayaan , bahasa merupakan alat komunikasi antar makhluk sosial. sehingga banyak masyarakat menganggap hal ini diwariskan secara genetis.
karena setiap budaya memiliki bahasanya masing-masing. perbedaan ini lah yang membuat Indonesia menjadi kaya akan kebudayaan
kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan segala sesuatu yang dimiliki masyarakat bergantung pada kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.
Sehingga dapat diperoleh pengertian kebudayaan yaitu segala sesuatu yang mempengaruhi pola pikir dan gagasan dalam pikiran manusia. sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda atau karya yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya. seperti : pakaian, perakakas, bahasa dll. semua ditujukan untuk membantu manusia untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
kebudayaan Indonesia yang beragam menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya. sehingga banyak wisatawan asing yang mengunjungi Indonesia karena keunikan budayanya. 

0 komentar:

Posting Komentar