Fungsi Ilmu Sosial Dasar

Sabtu, 09 November 2013



Apa itu ilmu sosial dasar ?
 

A. Ilmu Sosial Dasar.
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial di sebuah ruang lingkup masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar serta pengertian umum tentang konsep-konsep mengkaji masalah manusia. Ilmu sosial dasar dimaksudkan untuk mempelajari bahan-bahan yang sifatnya tabu atau tertutup yang timbul dalam lingkungan masyarakat, serta dengan bahan seperti ini mahasiswa diharapkan dapat mengatasi segala perbedaan pendapat di lingkungan masyarakat.
Ilmu sosial dasar sebagai upaya membantu mahasiswa dalam memahami masalah-masalah dan konsep-konsep yang berhubungan dengan Ilmu Sosial Dasar, serta memberikan wawasan dalam memecahkan masalah.

B. Apa fungsi ISD ?
     seperti yang kita ketahui ilmu sosial dasar memberikan pengetahuan umum yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gelaja sosial . agar mahasiswa tanggap dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi linngkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan lebih besar.
       ISD diharapkan dapat membentuk mahasiswa untuk memiliki landasan pengetahuan, wawasan, serta keyakinan untuk bersikap kritis dan arif dalam menghadapi persoalan sosial dan budaya yang berkembang di masyarakat. contohnya memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas pada mahasiswa sebagai bekal hidup dimasyarakat.

 

     Untuk itu sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa mulai berfikir terbuka dalam menanggapi segala permasalahan di lingkungan sosial. karena manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial yang masih membutuhkan bantuan orang lain dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari . 
 

0 komentar:

Posting Komentar